culinary and travel travel

7 Kuliner Pekanbaru Wajib Kamu Coba

7 kuliner pekanbaru

Tak banyak yang tahu bila kota Pekanbaru menawarkan pengalaman wisata kuliner khas Indonesia bagian barat; makanan khas melayu, minang, batak, dan hasil dapur lainnya dari akulturasi budaya-budaya Indonesia.


Jika kamu berkunjung ke Pekanbaru dan menelurusi pilihan makanan di sepanjang kota, kamu akan menyadari betapa banyak variasi yang kamu temukan. Kamu bisa melihat rumah makan padang hampir di setiap simpang jalan, rumah makanan khas melayu berdiri dengan bagunan megah dan khas, cafe-cafe kekinian, lapo batak, lapak durian, hingga penjaja surabi Bandung. Tak bisa disangkal, keputusan para pendatang dari berbagai daerah di Indonesia yang memilih menetap di kota Pekanbaru telah menambah kaya variasi dan perkembangan kuliner kota ini.

Melimpahnya pilihan makanan membuat pelancong kebingungan membuat keputusan tentang hidangan mana yang akan dicoba. Terkadang ingin mencoba makanan enak yang menjadi andalan masyarakat Pekanbaru.

Untuk memudahkanmu, sebagai salah seorang penduduk Indonesia kelahiran kota Pekanbaru, berikut ini saya rekomendasikan 7 kuliner yang wajib kamu coba selama berkunjung di Pekanbaru:


1. GULAI KETUPAT “ONEN”

Memulai pagi dengan menyantap gulai ketupat sayur paku bisa jadi pilihan yang pas untuk pelancong. Di tempat ini, kamu bisa menikmati berbagai jenis lontong/gulai ketupat. Kamu bisa memilih lontong biasa (dengan sayur nangka), lotek, atau gulai ketupat sayur paku yang menjadi makanan andalan tempat makan ini. Selain gulai ketupat, kamu juga bisa menikmati lupis, sate kerang, gorengan-gorengan, dan beberapa makanan lainnya.

sumber: tripadvisior
sumber: tripadvisior

Untuk menyantap gulai ketupan sayur paku Onen, kamu harus bergerak cepat dan bersabar. Pasalnya, jika kamu datang di atas jam 10 pagi, kamu akan kehabisan. Sebaiknya datanglah sebelum jam 10. Plus, bersabarlah karena tempat makan ini ramai pembeli. Tapi, kesabaranmu pasti terbayar lunas dengan sarapan pagi yang hangat dan suguhan makanan pendamping yang menambah nikmat hidangan.

Kamu bisa temukan Gulai Ketupat Onen di pinggir jalan samping Masjid Agung An Nur, Pekanbaru. Silahkan klik link di bawah gambar untuk mendapatkan direction menuju lokasi tempat makan ini.

Klik untuk direction:
Google Maps

Tips: 
Setelah atau sebelum menimati gulai ketupat, kamu bisa berkunjung dan berjalan santai di kawasan Masjid Agung An Nur yang terkenal sebagai salah satu atraksi wisata Pekanbaru karena memiliki kemiripan arsitektur dengan Taj Mahal, India.

sumber: idntimes

2. RUMAH MAKAN “SI CUIK”

Salah satu lauk khas Pekanbaru yang harus kamu coba, Gulai Ikan Patin. Kamu dapat menikmati lauk ini di salah satu tempat makan sederhana di kawasan Rumbai, Pekanbaru. Tempat ini bernama Rumah Makan Cuik.

Kabarnya saat jam makan siang, banyak pejabat daerah yang jauh-jauh mampir ke sini untuk menyantap gulai ikan patin “si cuik”. Rasa kuah santannya yang gurih, juga kelembutan daging ikan patin menjadi daya tarik masakan ini. Meski banyak restoran lain yang menjajakan menu serupa, RM Cuik terbukti mampu bersaing dari segi rasa. Pasalnya, dari segi fasilitas, mereka tidak menyediakan ruang makan yang luas. Kamu harus bersiap-siap antri atau menunggu kursi kosong atau kamu bisa membawa pulang makanan ini (take away).

sumber: Google Maps

Tips:

Mumpung sudah berada di wilayah Rumbai, sempatknlah untuk mampir ke rainbow hills Rumbai. Tempat ini jadi ramai dikunjungi setelah seorang travel blogger bernama Marischka Prudence mengekspos lokasi ini. Kalau penasaran, silahkan baca di sini.

sumber: datariau.com

3. ES CENDOL PAK JENGGOT

Saat kamu kegerahan di Pekanbaru, ini dia kuliner yang pas untuk kamu santap. Es Cendol Pak Jenggot yang sudah beken ini wajib kamu coba. Seterkenal itu?

sumber: KSMTour

Es Cendol Pak Jenggot ini terkenal karena isi es cendolnya yang komplit dan lezat. Komplit karena di dalam seporsi es cendol ini kamu bisa merasakan paduan es serut, cendol, daging durian, tapai, kacang merah, pulut, santan murni, dan manisnya gula aren/enau.

sumber: Google Maps

Sudah lengkap harganya pun terjangkau, masih berkisar di sepuluh sampai dua puluh ribuan. Kalau kamu tertarik mencobanya, kamu bisa menemukan lokasi dagangnya dengan mudah. Gerobak es cendol pak jenggot terparkir di sebelah Bank Permata Pekanbaru. Tepatnya berada di jalan M. Yamin, tidak jauh dari Bank Mandiri Sudriman dan hanya tinggal menyeberang jalan dari Mall Pekanbaru.


4. NASI KAPAU SAM RATULANGI

Mungkin tempat ini tidak seterkenal kuliner lain yang saya masukkan di daftar ini. Tapi, setiap pulang ke Pekanbaru, saya selalu menyempatkan untuk makan di sini. Saya sangat merekomendasikannya karena rasanya enak, porsinya pas, dan harganya terjangkau.

Gambar Ilustrasi
sumber gambar

Sebenarnya, tempat makan ini menawarkan menu yang relatif sama dengan penjaja nasi kapau lainnya (note: meski judulnya kapau, lauk disendok penjual. Tetap disebut nasi kapau karena sayur santan memakai kol). Namun, ada satu menu favorite yang selalu diincar para pembelinya, yaitu gulai tambusu, usus sapi yang diisi telur dan tahu berkuah gulai kuning.

sumber: Google Maps

Satu porsi nasi kapau gulai tambusu ini berkisar pada harga delapan belas ribuan. Untuk lokasi, kamu bisa menemukan gerainya di ruko-ruko jalan Sam Ratulangi, sebelah kantor Polresta Pekanbaru. Sayangnya saya tidak mempunyai dokumentasinya dan tidak pula menemukan foto gerai dan masakannya. Untuk itu saya hanya memasukkan gambar lain dan lokasi maps Polresta Pekanbaru.

Lokasi dagang nasi kapau, sayang sekali di Google Street View tampak tempat makan masih tutup. Terlihat deretan meja kayu kedai nai kapau sam ratulangi.

Tips:
Jika berkunjung ke jalan sam ratulangi, kamu juga bisa mencicipi ragam gorengan dan cemilan (martabak manis juga kerupuk) yang berjejer berjualan di pangkal jalan. Selain itu, saya juga merekomendasikan air akar yang pedagangnya berjualan setiap malam di jalan ini, tidak jauh dari para penjual gorengan.


5. RM. DENDENG BATOKOK

Rumah makan dendeng batokok ini sangat legendaris, kabarnya sudah buka sejak 1972. Berkali-kali saya kemari mengajak saudara jauh atau kenalan untuk memperkenalkan kelezatan daging dendeng di tempat ini.

Ada lauk gulai tunjang, sambal pati, pete panggang, daging batokok, dan menu lain yang disajikan di rumah makan ini. Tersedia juga aneka jus buah juga pelengkap makan seperti kerupuk emping dan kerupuk kulit. Untuk harganya, menurut saya cukup terjangkau (beberapa orang bilang harganya mahal, tapi saya kurang setuju apabila disebut begitu, karena masakan ini enak dan banyak campuran gulainya sehingga harganya saya rasa sesuai).

Apa yang paling enak? Tentu saja daging dendeng yang diberi irisan cabe hijau dan bawang merah.

sumber: tripadvisor

Sebenarnya bagi saya ketimbang makan di rumah makan, lebih lezat rasanya nasi diramas (dibungkus) dan di makan di rumah. Sebab, tercampurnya nasi dengan kuah gulai tunjang, rebung, sambal pati, dan dendeng batokok membuat makanan ini semakin nikmat.

Juga karena lokasi rumah makan yang berada di jalan kecil menyulitkan untuk parkir mobil. Tempat makan juga tidak dilengkapi fasilitas AC, sehingga ruangan akan terasa sedikit panas.

sumber: Google Maps

6. MARTABAK MESIR REMPAH SARI

Untuk pilihan kuliner ini cocok kamu santap saat malam hari. Tidak jauh dari pusat kota, tepatnya berada di Jalan Ahmad Yani, Pekanbaru kamu bisa mencoba martabak mesir rempah sari yang lezat.

sumber: foursquare

Martabak mesir rempah sari sulit menjadi terkenal karena sering berpindah-pindah kiosnya. Lokasi ini saja baru ditempati beberapa tahun terakhir. Dulu kiosnya berada di sebelah rumah sakit Santa Maria Pekanbaru.

Gerai berada di sebelah Apotik Asean 2

Kembali ke rasa, martabak mesir Rempah Sari menawarkan kulit martabak yang lembut, utuh, dan tebal berisikan potongan daun bawang dan cincangan daging sapi. Kuah martabak berisi irisan bawang bombai dan cabai rawit, cuka, juga kecap. Saat dimakan hangat-hangat, rasanya sangat lezat.

sumber: Google Maps

7. BOLU KEMOJO MIMIE

Setelah menyantap beragam makanan berat di Pekanbaru, saatnya untuk cemilan. Bolu kemojo adalah kue khas melayu yang sering dijadikan buah tangan oleh para pelancong. Untuk itu, saya sarankan kamu mencoba dan membeli bolu kemojo ini.

sumber: Twitter

Bolu Kemojo Mimie punya keunikan tersendiri, selain bisa dibeli dalam ukuran normal (seukuran loyang bolu kecil), gerai ini menyediakan bolu kemojo dalam ukuran mini alias sangat kecil.

Saya sangat menyukai bolu kemojo ukuran mini ini. Karena bolu kemojo rasanya cukup manis, dengan adanya bolu kemojo mini memungkinkan kita makan dalam porsi kecil. Sehingga, kemojo tidak tersisa dalam bentuk kue yang terbelah-belah dan menjadi lebih mudah disimpan.

Toko Bolu Kemojo Mimie buka setiap hari dan tutup pukul 10 malam.

sumber: Google Maps

Masih banyak lagi ragam kuliner dari kota Pekanbaru.
Semoga 7 rekomendasi ini sesuai dengan selera kamu.
Terima kasih sudah membaca blog ini dan selamat mencoba.

2 thoughts on “7 Kuliner Pekanbaru Wajib Kamu Coba”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.