daily travel

Berkunjung ke Jakarta Aquarium Neo Soho

Beberapa waktu lalu saya dan seorang sepupu pergi berkunjung ke Jakarta Aquarium yang berlokasi di Neo Soho Mall, Jakarta Barat. Di sana saya, sepupu saya, dan beberapa pengunjung disuguhkan pemandangan kehidupan bawah laut.

Isi aquarium dibagi menjadi beberapa kategori. Dari pintu masuk, pengunjung akan bertemu dengan sektor berang-berang, kemudian ular, katak, kepiting, kura-kura, dan beberapa hewan lain. Di lantai ini pengunjung dikenalkan dengan hewan-hewan yang berhabitat di laut dan darat, apalagi jika datang tepat pada feeding time pengunjung dapat memberi hewan-hewan makan.

Pengunjung juga disuguhkan pengalaman berjalan di atas aquarium. Deg-degan! Sebab, dari lantai kaca itu kita bisa melihat di bawah lantai kaca terdapat ikan-ikan yang sangat besar, seperti ikan hiu dan ikan-ikan pemangsa lain.

Sebelum turun ke lantai selanjutnya, pengunjung akan melihat aquarium panjang berisi berbagai macam ikan, seperti ikan hiu dan ikan pari. Setelah turun tangga, pengunjung dapat menyaksikan aquarium yang menjulang tinggi, ikan-ikan berenang beramai-ramai di dalamnya, bergerak melingkari aquarium itu. Sungguh menakjubkan!

Pengunjung berkeliling melihat berbagai jenis ikan, crustacea, dan karang di lantai ini. Terdapat touch pool di area ini. Pengunjung diperbolehkan menyentuh bintang laut. Setelah itu, pengunjung menuju area ikan piranha. Saya baru tahu kalau ikan piranha itu mirip ikan bawal cuma dia versi yang lebih seram dan punya taring kali, ya.

Kemudian, di area selanjutnya terdapat aquarium berisi ubur-ubur. Instalasi aquarium membuat ubur-ubur terlihat berwarna-warni lantaran pancaran cahaya lampu, sangat bagus.

Jika berjalan terus, pengunjung akan sampai di aquarium yang besar. Dimana tak jauh dari lokasi itu terdapat panggung pertunjukan. Jika datang pada waktu yang tepat, pengunjung bisa menikmati pertunjukan musikal Jakarta Aquarium.

Sayangnya, saya masuk sebagai pengunjung reguler. Pengunjung reguler tidak mendapat kesempatan merasakan bagaimana berada di dalam 5D Theater Jakarta Aquarium. Theater ini berada tidak jauh dari pintu keluar dan panggung pertunjukan musikal.

Plus (+)

  • Lokasi tak jauh dari pusat kota Jakarta,
  • Berada di dalam Mall, sehingga usai mengunjungi Jakarta Aquarium pengunjung bisa melanjutkan aktivitas di Mall,
  • Petugas aquarium sangat ramah dan mau memberi penjelasan yang jelas dan komprehensif,
  • Dekorasi atau instalasi akuarium dibuat sangat bagus, sehingga hasil foto di sini menjadi sangat bagus,
  • Banyak aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung,
  • Memaksimalkan penggunaan area yang tak terlalu luas, sehingga pengunjung dapat menikmati banyak aktivitas dan pemandangan tanpa lelah berjalan.

Minus (-)

  • Cukup mahal untuk tempat yang kecil,
  • Ada tangga, tetapi pencahayaan kurang terang. Agak berbahaya,
  • Biaya cetak foto cukup mahal,
  • Ensiklopedia yang disediakan belum memuat segala informasi.

Informasi lain:

  • Harga tiket masuk regular Rp175.000,-
    Harga tiket masuk premium Rp225.000,- (bedanya: akses 5D Theater)
  • Jakarta Aquarium buka setiap hari, Senin-Minggu pada pukul 10.00-20.00 WIB.
  • Terdapat toko souvenir dan restoran (jika ingin melihat peguin, datanglah ke restoran “Pingoo”.

***

6 thoughts on “Berkunjung ke Jakarta Aquarium Neo Soho”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.