A GLIMPSE OF MY THOUGHT My Simple Life

Catatan tentang Teman

Saya adalah seorang pemalu dengan bungkus sikap pemberani. Sebenarnya sangat sulit bagi saya untuk terbuka pada semua orang. Sukar bagi saya untuk nyaman dengan lingkungan baru. Sesekali awkward moment terjadi, dan YAH! Saya mencoba untuk beradaptasi. Kehadiran sosok teman yang pas sangat mempengaruhi keberhasilan saya dalam menyesuaikan diri dengan circle yang sekarang.

Baru saya sadari selama 3 tahun ke belakang, saya sudah kehilangan sekaligus mendapat banyak hubungan pertemanan. Teman yang dulunya dekat, kini berjarak. Sebaliknya, teman yang dulunya tidak terlalu dekat menjadi kian akrab dengan saya. Tak ada seorang pun yang bisa mengira-ngira tentang jalan pertemanan.

Iya, ini bagian kecil dari alur kehidupan.

Hidup kita dinamis, semua orang bergerak, berubah, saling menyesuaikan, dan terus berkembang menuju arah yang kadang berbeda-beda. Pada akhirnya kita akan menjalin pertemanan dengan mereka yang berada di sekitar kita. Namun tak juga kita putuskan pertemanan dengan mereka yang terpisah jarak dengan kita.

Beberapa dari teman saya telah menjadi orang sukses, beberapa lagi masih bekerja dengan passion-nya, tak sedikit pula yang tengah berusaha memperjuangkan hidupnya. Beberapa dari mereka sudah berkarier di luar negeri, kebanyakan masih berjuang di Jawa (perantauan), tak sedikit yang kembali ke daerah untuk berjuang bersama keluarga. Meski terpisah kesibukan masing-masing dan jarak antar kota/negara, kami masih tetap terhubung, meski jarang sekali.

Sesekali berusaha untuk membuat pertemanan tampak seru dan tampak menyenangkan, tetapi usaha itu terkadang justru membuat inti keseruan pertemanan itu hilang. Semakin berjarak dan berjalannya waktu, saya menyadari bukan lamanya pertemanan ataupun seringnya pertemuan kita atau banyaknya hal-hal yang kita lewati bersama, namun kecocokan dan pengertian satu sama lain memungkinkan kita untuk merasakan kehadiran sang teman di setiap waktu dimana saja. Entah itu lewat kenangan kebersamaan atau sekadar SMS.

Lebih dari itu semua, dalam urusan pertemanan saya meyakini hal-hal ini: (1) Meski terpisah jarak, teman adalah sosok yang bersedia hadir untuk menghangatkan hatimu, (2) Tak perlu memiliki kelompok pertemanan alias GENG! Yang saya butuhkan adalah pertemanan yang humble dan jujur, (3) Berteman membuat rasa nyaman dan obrolan mendalam hadir di antara kita.

Sekian.

3 thoughts on “Catatan tentang Teman”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.