blogging

Cara Sederhana Menaikkan Mood dan Produktivitas

Pernah tidak mengalami kejenuhan, rasanya ingin bermalas-malasan, padahal pekerjaan sudah menumpuk? Iya, itulah saat-saat dimana kita biasanya sedang tidak mood dan produktivitas kita terpuruk. Kita kehilangan motivasi bekerja. Sulit sekali rasanya menaikkan mood dan produktivitas.

Saya sudah melewati fase ini dan menemukan cara-cara kecil dan sederhana untuk mengatasi kejenuhan kerja. Here they are my little things to boost mood & productivity !

1. Atur Goals & Tata Timeline Kerja

Pertama, cobalah untuk mengatur dan menuliskan semua hal yang hedak kamu kerjakan. Kemudian lihatlah kapan timing atau waktu yang tepat untuk mengerjakan tiap-tiap pekerjaan itu. Dengan begitu, kamu bisa mengerjakan setiap pekerjaan secara tepat waktu dan terukur langkah pengerjaannya. Stress dan tekanan pun berkurang, sebaliknya malah dengan melakukan hal ini mood & produktivitasmu akan terpicu. Lewat pengaturan waktu, kita bisa tahu kapan harus bekerja secara fokus dan kapan bisa bersantai.

Memang bukan hal yang mudah untuk melakukan pengaturan waktu. Untuk itu kita terkadang butuh bantuan alat, seperti kalkulator, misalnya. Kita bisa menggunakan kalkulator Casio untuk memudahkan kita menghitung jam-jam bekerja. Ini dia video tentang cara menggunakan kalkulator untuk menghitung jam. Kamu bisa memanfaatkan alat ini untuk memberimu kemudahan menjadwalkan kegiatan-kegiatanmu.

 

sumber: https://www.facebook.com/casiocalculatorindo/

2. Ciptakan Productive Workspace-mu

Saat kamu harus tetap bekerja, namun mood-mu justru tengah menurun, cobalah untuk berhenti sejenak. Dekorasi ruang kerja atau meja kerjamu agar terasa lebih menyegarkan dan baru. Dekorasi yang baru dan rapi bisa memicu rasa nyaman dan menimbulkan suasana baru yang akan menaikkan mood & produktivitasmu.

Menurut saya, tak ada pakem tertentu mengenai cara yang paling tepat untuk dekorasi ruangan atau meja kerja. Namun, saya meyakini hal-hal ini dalam dekorasi meja atau ruang kerja:

“Buatlah ruang kerja sesederhana mungkin atau clean, apabila memang hendak menaruh beberapa barang atau alat kerja. Pilihlah alat kerja yang multifungsi, bukan hanya indah di pandang, tetapi juga alat yang sangat bermanfaat.” 

Kenapa? Karena bila kita terlalu banyak meletakkan barang seperti mainan, pajangan, boneka, dan sebagainya, energi dan waktu kita bisa terkuras untuk bermain atau bahkan perhatian kita bisa teralihkan dari fokus bekerja.

Gunakan ruang yang ada untuk barang-barang penting atau bisa saja kamu mengakalinya dengan menaruh barang yang lucu, tapi memiliki banyak fungsi. Contohnya kalkulator Casio SL-310UC-LB. Saya suka sekali dengan warna biru mudanya. Selain cute, kalkulator ini juga sangat bermanfaat.

Ya kan? Warnanya variatif dan unik. Apalagi kalkulator ini bisa dipakai untuk tax calculation.

*untuk menaikkan mood, kamu bisa memilih barang atau alat kerja dengan warna kesukaanmu. Bingung warna apa yang sebenarnya “kamu banget”? Coba cek di http://www.knowyourcolor.id !

gelas air3. Sediakan dan Minum Air

Minum air memungkinkan kita memperoleh banyak oksigen yang kemudian bisa membantu meningkatkan performa kognitif. Apalagi penyebab umum kelelahan sebenarnya adalah dehidrasi. Kebayangkan, betapa pentingnya minum. Dengan menyediakan segelas air di meja kerjamu, kamu bisa menaikan mood dan produktivitasmu.

4. Bekerja di Luar

My Style Colorful CalculatorSalah satu hal yang bisa menurunkan mood dan produktivitas adalah rasa jenuh. Kejenuhan terhadap rutinitas bisa kita atasi dengan menghadirkan suasana baru. Jika biasanya kita bekerja di rumah atau kantor, cobalah untuk bekerja di taman, kafe, co-working space, atau tempat lainnya.

Untuk bekerja di luar ruangan, pastikan peralatan kerja kita tidak berukuran besar, pilihlah produk yang portable yang sesuai kebutuhan kerja kita. Barang-barang yang saya bawa biasanya; laptop, smartphone, headset, alat tulis, dan kalkulator portable Casio SL-310UC-LB.

*kok bahas kalkulator terus, sih? Iya, soalnya kalkulator Casio ini biru unyu, sangat bermanfaat, dan gampang dibawa-bawa dan saya sangat merekomendasikannya. Rasanya saya kepingin memberi kalkulator ini kepada semua orang. Karena saya belum cukup tajir buat bagi kalkulator gratis, saya akan bagikan kode promo diskon 20% saja, ya!

Kamu bisa membelinya di Matahari Mall dengan kode promo CASIOBLOGUE5114.                          Lumayan banget, kan?

Itulah hal-hal yang bisa kamu coba untuk meningkatkan mood dan produktivitas kamu.                      Selamat mencoba!

6 thoughts on “Cara Sederhana Menaikkan Mood dan Produktivitas”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.