Lain-lain

Popularitas Obat China (TCM) di Tengah Pandemi

Pernah mendengar atau mencoba obat China/Tradisional China Medicine (TCM)? TCM merupakan pengobatan holistik yang berupaya menyelaraskan pikiran dan tubuh (termasuk di dalamnya: akupuntur, tai chi, produk herbal China) untuk mengatasi masalah-masalah kesehatan. 

Saat ini TCM sedang naik daun, usai Pemerintah China melaporkan treatment mereka kepada para pasien Covid-19 yakni dengan penggunaan TCM dalam proses pengobatan dan pemulihan pasien. Gara-garanya, obat China menjadi serbuan warga dunia. 

Dilansir dari BBC Indonesia, Pemerintah China mengklaim 92% dari kasus-kasus Covid-19 di negaranya ditangani menggunakan pengobatan tradisional. 

Ditambah lagi, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mencabut peringatan penggunaan obat-obatan tradisional dalam menangani Covid-19 dalam rekomendasi berbahasa Inggris dan China.

Sementara itu, CNN Indonesia melaporkan bahwa WHO telah memasukkan bab tentang pengobatan tradisional China di Klasifikasi Penyakit Internasional yang baru.

Hal tersebut memang mengundang kritik dari sejumlah pegiat perlindungan satwa juga dari para peneliti obat ataupun ahli medis.

Hanya saja rasa tak puas orang-orang terhadap prosedur dan resiko pengobatan medis telah membuat mereka berpaling melirik pengobatan alternatif, salah satunya dengan mengonsumsi obat-obatan tradisional China. 

Pien Tze Huang

Salah satu obat China yang populer belakangan ini, Pien Tze Huang. Kabarnya obat ini bak raja obat karena bisa menyembuhkan berbagai penyakit. 

Pien Tze Huang mempunyai kandungan bahan Shexiang (Musk), Niuhuang (Cow Bezoar), Tian Qi (Notogingseng Radix), dan juga Shedan (snake gall). Dengan komposisi tersebut, obat ini dipercaya dapat menurunkan demam bagi penderita tipes. Itu sebabnya, obat ini juga sering disebut-sebut sebagai obat tipes yang manjur. 

Jika berniat membeli obat-obatan bisa belilah langsung di toko official SSABADI yang dikelola oleh PT Saras Subur Abadi, importir resmi obat tersebut. Membeli di toko official memberikan jaminan keaslian produk dan penjelasan yang lebih terperinci mengenai fungsi, komposisi (bahan baku) dan dosis obat. Sehingga kamu bisa benar-benar memilih obat apa yang sesuai dengan kebutuhanmu.


P.S: Untuk saudaraku yang muslim, jika memang harus mengonsumsi obat China kita harus tabayyun, cari tahu khasiat, produsen, dan komposisinya. 


Sumber:

https://www.cnn.com/2019/05/24/health/traditional-chinese-medicine-who-controversy-intl/index.html diakses pada 23 September 2020

https://www.bbc.com/indonesia/dunia-53215832 diakses pada 23 September 2020

http://www.Pientzehuang.id diakses pada 23 September 2020

https://www.tionghoa.info/pien-tze-huang-%E7%89%87%E4%BB%94%E7%99%80-rajanya-segala-obat/ diakses pada 23 September 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.