culinary and travel

Resep Masak Kilat dengan Skippy, Bahan Serbaguna Ala Anak Kos

Anak kos dikenal sibuk, hampir tak ada waktu bagi anak kos untuk memasak mengikuti resep yang rumit. Perut sudah terlanjur lapar, keroncongan. Kita butuh makanan yang sesegera mungkin bisa dimakan. Jarang sekali anak kos mengolah bahan makanan seperti daging-dagingan dan ikan-ikanan. Anak kos biasanya hanya masak-masak ‘kilat’ saja.

Itu sebabnya, memilih bahan makanan yang tepat menjadi salah satu keharusan dan keahlian anak kos. Saya sebagai anak kos cenderung memilih bahan makanan yang bisa disimpan dalam waktu yang cukup lama dan bahan makanan yang serbaguna. Dengan begitu kita bisa berhemat dan tetap kenyang.

Bahan Makanan Serbaguna

Bahan makanan serbaguna, yakni produk makanan yang bisa diolah, dimasak, dan dikreasikan sedemikian rupa. Sehingga, orang yang memasak bisa menggunakan bahan makanan ini kapan saja (sesering mungkin) disesuaikan dengan kebutuhan resep serta jenis makanan yang hendak dibuat.

Bagi anak kos, bahan makanan serbaguna adalah penolong mereka kala lapar melanda apalagi bagi kita yang punya hasrat bergonta-ganti makanan dan makan makanan enak. Sering bosan pada menu yang itu-itu saja, tapi tidak mau masak yang sulit-sulit juga. Banyak mau, ya hehehe…

Beberapa contoh bahan makanan serbaguna andalan para anak kos, diantaranya: mie instan, pisang, telur, sereal, roti tawar, susu, dan selai kacang (peanut butter). Bahan-bahan ini sering dijadikan stok persediaan makanan anak kos.

YIPPEE! This is how I enjoy my SKIPPY® Peanut Butter

Khusus untuk peanut butter, bahan makanan serbaguna favorit saya ini bisa dikreasikan menjadi berbagai macam makanan. Dari makanan berat untuk sarapan, makan siang, sampai makan malam. Juga bisa dijadikan bahan untuk cemilan dan minuman. Satu bahan untuk banyak resep dan keinginan.

Entah itu hanya dioleskan ke roti, dicolek dan dicicipi langsung, atau dijadikan bahan campuran masakan, peanut butter selalu jadi juara bahan serbagunaku.

Saat pagi, saya sarapan pancake dengan peanut butter sebagai campuran adonan dan toping. Siang hari, dengan peanut butter kita bisa membuat gado-gado atau lotek dengan mudah, tidak perlu giling-giling kacang. Sore hari, makan cemilan pisang goreng sedap, ya. Nah, pas malam hari kita bisa bikin mie saus kacang atau smoothies. Pokoknya masak enggak pakai lama dan ribet, deh.

Sebagai ilustrasi, saya akan menceritakan bagaimana saya menggunakan Skippy® Chocolate Stripe Peanut Butter, inilah resep masak kilat ala anak kos, “Pisang Goreng Coklat Kacang Skippy“.

Bahan:

3 buah pisang (dipotong-potong)
75 gr tepung pisang goreng
3-5 sendok Skippy® Chocolate Stripe Peanut Butter
air secukupnya
minyak goreng secukupnya.

Cara membuat:

  1. Campurkan pisang dengan adonan tepung (air dan tepung). Pisang yang sudah dipotong, kemudian dicelupkan ke dalam adonan.
  2. Panaskan minyak di wajan, lalu goreng pisang hingga pisang berwarna coklat keemasan.
  3. Lelehkan Skippy® Chocolate Stripe Peanut Butter.
  4. Taruh pisang goreng di atas piring dan tuangkan lelehan Skippy® Chocolate Stripe Peanut Butter di atas pisang goreng. Pisang siap disajikan!

Berkreasi Sambil Berhemat

Seperti saya katakan sebelumnya, ada banyak varian peanut butter dari Skippy®. Ada Skippy® yang rasa coklat, stroberi, anggur, creamy, dan chunky. Pemakaiannya pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya, untuk varian creamy dan chunky lebih enak jika digunakan sebagai bahan makanan berat, seperti burger, spageti, ayam goreng, atau membuat kue dan roti, juga pastinya enak untuk bikin gado-gado.

Sementara untuk varian lain cocok digunakan sebagai bahan campuran pada kue, roti, pancake, dan cemilan atau lain sebagainya. Khusus untuk Skippy® Chocolate Stripe Peanut Butter, saya pernah menggunakan di pancake, pisang goreng, dan es kepal Skippy (masih trial and error).

Untuk membuat pisang goreng kira-kira saya mengeluarkan uang sekitar Rp68.000,- (pisang satu sisir Rp15.000, tepung pisang goreng Rp3.000, dan Skippy® Rp50.000,-) dengan bahan tidak langsung habis semua, ya. Jadi, bahan masih bersisa dan bisa dipakai masak lagi. Bagi saya ini cukup murah untuk bahan makanan yang bisa dimasak kapan saja dan bisa diolah menjadi macam-macam makanan dan minuman.

Akhir kata, saya menikmati peanut butter dengan mengkreasikannya bersama bahan-bahan makanan lain. Apakah itu sayur, buah, biskuit, agar-agar, buah, es, air panas, dan lain sebagainya. Sekali lagi, pemilihan bahan makanan serbaguna seperti peanut butter ini memungkinkan kita untuk berkreasi dan memudahkan kita memasak apapun. Wajar sekali bila kemudian peanut butter menjadi essential dorm food, ya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

*disclaimer: “Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan dan Praxis sebagai perwakilan SKIPPY® Peanut Butter Indonesia”.

8 thoughts on “Resep Masak Kilat dengan Skippy, Bahan Serbaguna Ala Anak Kos”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.