Beberapa hal penting tentang Kuliah Kerja Nyata (KKN)

Beberapa hal penting tentang Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini saya bagikan sebagai saran untuk kamu mahasiswa-mahasiswa. Dengan membaca tulisan ini niscaya KKN-mu akan lebih aman dan menyenangkan. Apa saja hal yang perlu kamu perhatikan? Dan bagaimana mempersiapkannya? Berikut uraian singkatnya.

1] Sebelum Berangkat

Kenali teman-teman satu desamu. Bentuk jaringan komunikasi kalian (misal pakai grup Line). Lakukan survei lokasi desa. Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya. Perhatikanlah cuaca, kondisi jalan, infrastruktur, listrik, perkiraan rumah tempat tinggal, alat transportasi, ketersediaan air, dan gejala alam apa yang sering terjadi di desa. Misal: cuaca panas dan sering kekeringan. Perhatikan juga jarak pasar atau warung-warung, untuk perkiraan bidang konsumsi. Jangan lupa periksa ketersediaan sinyal ponsel atau internet di desa! Cari informasi umum tentang desamu. Kamu bisa searching di Google atau bisa juga lihat laporan/website kelompok KKN desamu kloter sebelumnya.

Bersama kelompokmu, buatlah daftar keperluan selama di desa baik uang, maupun barang. Bagilah masing-masing anggota pekerjaan dan tanggung jawab membawa barang sesuai kemampuan individu. Perkirakan juga kemungkinan kegiatan yang bisa dilakukan selama di desa. (butuh contoh? bisa lihat ini, ini lagi, ini juga, dan ini nih !) Diskusikan juga dengan Dosen Pengawas Lapangan (DPL).

Saran saya untuk pakaian: bawalah pakaian dalam lebih (banyak),1 kemeja batik/ setelan formal-semiformal, 2 handuk (buat dipakai bergantian, kalau dicuci), juga pakaian rumahan berupa kaos lengan panjang yang polos (biar gampang dicuci) dan berharga murah (jadi kalau hilang kamu bisa ikhlas hahaha…), bawa sendal jepit dan celana training, ya. Sisanya disesuaikan. Biasanya kelompok KKN sudah menyiapkan jaket atau kaos kelompok mereka. Biar kompak.

Saran saya untuk konsumsi: bawalah energen atau sejenisnya. Karena terkadang makanan tidak datang tepat waktu hahahaha… Kalau di desamu ada warung, mending tidak usah membawa makanan instan, biar ada interaksi dengan warga (belanja ke warung).

Kalau bisa bawa sleeping bag, ya. Bisa jadi kamu tidak dapat bagian tidur di kasur. Perhatikan kebutuhan personal atau perintilan, seperti buku, obat, krim malam, alat-alat ibadah, dsb.

2] Sampai di Desa KKN

Perkenalkan diri (baca: kelompok) dengan pejabat setempat (seolah izin tinggal begitu). Karena dengan mengenal mereka, semua kegiatan akan mudah dilaksanakan. Biasanya mereka juga akan membantu kita berkenalan dengan warga desa. Mereka juga akan menjadi pihak yang siap ditanyai apa pun dan siap membantu. Note: tanyakan juga soal agenda kegiatan desa yang akan dilaksanakan selama kalian di desa. Sesuaikan juga rencana kegiatan dengan agenda desa, ya.

Berkelilinglah, bagilah kelompok ke dalam kelompok-kelompok kecil dan berjalan-jalanlah menyusuri desa. Dengan begitu kelompokmu akan mendapat gambaran lokasi tempat-tempat desa lebih cepat. Kalau rajin, buatlah peta mini dengan pusatnya rumah kalian.

Soal rumah, seperti yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya: bagi pekerjaan (bisa dibuat seperti jadwal piket sekolah). Pengalamanku, satu hari secara bergantian 3 orang bertanggung jawab untuk semua pekerjaan rumah, kecuali memasak. Note: buat juga jadwal mandi atau daftar antrian lainnya agar tidak ada drama di antara kalian hahaha…. Jangan lupa, kebutuhan listrik rumah akan tinggi sehingga kelompokmu harus menggunakan alat elektronik yang benar-benar dibutuhkan. Lalu, biasakan kumpul atau diskusi secara kelompok, ya. Hindari terbentuknya kelompok gosip ahahaha….

Laksanakan kegiatanmu di desa. Cicil laporan KKN-nya, ya. Jangan lupa untuk berkomunikasi dengan DPL juga. Jadilah individu yang aktif, aktif dengan caramu sendiri. Misal bagi kamu yang suka fotografi bisa jadi juru foto kelompokmu.

3] Membuat Pengalaman Tak Terlupakan di KKN

Cobalah untuk pergi ke pasar, kamu akan menemukan beberapa barang-barang tak terduga. Lazimnya di desa pasar ada di hari-hari tertentu saja. Misalnya pasar Rabu atau Kamis. Coba juga makanan-makanan khas desamu, bisa jadi kamu belum pernah mencobanya. Pergilah berkunjung bersama kelompokmu ke tempat-tempat wisata terdekat. Bisa jadi tempat wisata itu unik dan bagus.

Bermain dengan warga desa atau minimal dengan anak-anak kecil di desa, misal bermain sepakbola bersama. Manfaatkan fasilitas olahraga di desa. Bila diundang bertamu oleh warga, bertamulah. Kamu harus menjalin hubungan baik dengan warga di desamu. Kelompokku dulu sempat berkaraoke dan botram di rumah warga (kami diundang untuk bertamu).

4] Bertemanlah!

Bertemanlah dengan semua anggota kelompokmu. Kenali sifat dan sikap temanmu, kalian akan tinggal bersama dalam waktu yang cukup lama (relatif). Jangan pencitraan! Jadilah dirimu sendiri. Juga, berdiskusilah tentang apa saja, karena kalian dari bidang studi yang berbeda, akan menarik untuk berdiskusi. Kamu akan melihat suatu masalah diperbincangkan dari berbagai perspektif ilmu. Ingatlah untuk bertukar kontak dengan teman kelompokmu! Kalau kamu punya kenalan atau teman baru yang merupakan warga desa, kamu juga sebaiknya menjaga komunikasi kalian, saling kontakan meski kamu sudah tidak di desa lagi.

5] Jangan lupa laporan!

Seperti yang sudah saya sarankan, cicillah pengerjaan laporan individu maupun kelompokmu. Kalian akan dihadapkan pada laporan yang banyak. Belum lagi bila ada tugas lainnya seperti membuat website. (contoh website KKN, video KKN).

Kira-kira 5 poin tadi adalah beberapa hal yang penting untuk diperhatikan oleh kamu para mahasiswa yang akan KKN. Selamat KKN, yak!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.