Resep Masak: Ikan Teri Goreng Tepung

Sesuai janji saya, blog ini akan saya isi juga dengan beberapa tulisan yang informatif. Kali ini saya membagikan sebuah resep sederhana. “Teri Goreng Tepung” ! Saya sering memasak ini, karena enak, murah, dan gampang. Sebagai penghuni indekos, masakan yang seperti ini kamu wajib tahu. Walaupun cuma teri, tapi enak loh. Saya sih suka ikan, termasuk teri. Semoga pembaca bisa mencoba dan juga suka dengan makanan ini.

***

Teri Goreng Tepung

teri goreng tepung

Bahan

± 250 gr teri galer/teri basah

± 3 sendok makan tepung bumbu Sasa serba guna Hot & Spicy

± 7 sendok makan air dingin

Minyak goreng secukupnya.

Garam secukupnya.

 

Alat

1 wajan

1 sendok/spatula

1 mangkok/wadah

1 piring saji

 

Cara membuat:

  • Cuci ikan teri, buang kotoran dan kepalanya. Cuci sampai bersih, lalu tiriskan.
  • Adonan basah: masukkan tepung bumbu ke dalam wadah, lalu campurkan sedikit garam dan air dingin. Aduk hingga garam dan tepung bumbu larut sampai adonan tampak kental menyatu dengan air.
  • Masukkan teri ke adonan basah. Balut ikan teri dengan adonan basah.
  • Panaskan minyak di penggorengan dengan api sedang. Lalu masukkan ikan teri (bila ingin teri terpisah-pisah, aduk dengan sendok atau spatula sesudah teri beradonan dimasukkan ke minyak, kalau saya sukanya dimasukkan sesendok-sesendok. Hasilnya kayak bakwan begitu.)
  • Kalau sudah tampak kuning kecoklatan, angkat dan sajikan di piring saji. Jadi deh!

 

Gampangkan?

Intinya mah ikannya dibalut tepung terus digoreng hahaha….

Resep di atas setengah porsi dari yang ditulis di petunjuk kemasan tepung bumbu. Sebenarnya tepung bumbu jenis ini lazimnya dipakai untuk udang dan cumi-cumi. Cuma udang dan cumi-cumi kan mahal hahaha…

Sebenarnya tepung bumbu jenis ini lazimnya dipakai untuk udang dan cumi-cumi. Cuma udang dan cumi-cumi kan mahal hahaha… Sudah makan ikan teri saja. Berikut sedikit catatan tentang harga-harga bahan.

Ikan Teri Galer: ± Rp37.500,-/kg. Saya hanya pakai ± 250 gr, sehingga harganya ± Rp9.225,-.

Tepung bumbu “Sasa” Serba Guna Hot& Spicy 250gr: ± Rp6.800,-. Kalau mengikuti resep, maka tepung akan bersisa, disimpan saja.

Murahkan? Sepiring ikan teri ini cukup untuk lauk saya seharian (3x makan). Kalau kamu suka makan ikan, masak dengan bahan hemat, dan praktis, saya sangat merekomendasikan resep ini.

Selamat mencoba!

2 Komentar

  1. Saya baru tahu nih sama Teri Goreng Tepung. Tadinya mikir kayak rempeyek. ternyata enggak, hehe

    1. Bunga says:

      hehe… iya mba, biasanya bisa dibikin kayak bakwan atau teri goreng tepung (yang ikannya misah-misah). Semoga bermanfaat dan selamat mencoba mba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.