movie and book review

Review Drama Korea : Hi Bye, Mama !

Sinopsis

Lima tahun setelah kematiannya, Cha Yu Ri (Kim Tae Hee) mendapat kesempatan untuk bisa hidup lagi. Syaratnya, dalam 49 hari Yu Ri harus mampu mengambil posisinya kembali yakni sebagai istri dari Cho Gang Hwa (Lee Kyu Hyung) dan ibu dari Cho Seo Woo (Seo Woo Jin). Sayangnya, posisi itu sudah ditempati oleh Oh Min Jung (Ko Bo Gyeol). Drama Hi Bye Mama mengisahkan perjalanan 49 hari Yu Ri di dunia dengan berbagai masalah yang harus ia selesaikan, terutama untuk membuat anaknya, Seo Woo berhenti melihat arwah.

Review

Ini kali kedua saya menonton drama yang tokoh utamanya diperankan oleh Kim Tae Hee. Sebelumnya saya menonton Kim Tae Hee di drama Yongpal, di drama ini saya terkesan dengan akting Kim Tae Hee meskipun interaksi dan kecocokannya dengan Joo Won rasanya masih kurang memuaskan.

Untungnya di drama Hi Bye Mama, Kim Tae Hee sejak awal tampak luwes berperan sebagai pasangan dari Lee Kyu Hyung. Mereka sukses memperlihatkan kebersamaan pasutri baru yang bikin penonton bisa ikut merasakan kesedihan dan kehampaan hati Cho Gang Hwa ketika Cha Yu Ri meninggal.

Alur ceritanya maju, namun cukup banyak selipan adegan kilas balik (flashback), namun tidak masalah karena hal itu malah menambah informasi bagi penonton untuk lebih mengenal para karakter, juga latar belakang dan situasi.

Seperti kilas balik ke masa-masa dimana Yu Ri mengandung Seo Woo, banyak informasi mengenai karakter Gang Hwa di sana.

Drama ini seperti didesain untuk menguras air mata penontonnya. Banyak adegan yang membuat sakit hati dan beberapa dialog dibuat sarat nilai moral atau kebijaksanaan.

Saya pun takluk dan meneteskan air mata di episode ke-8 yang menggambarkan pedihnya perasaan ayah Yu Ri melepas kepergian anaknya.

Tentang nilai moral, bukan hanya mengenai cinta ibu-anak (yang mungkin lebih luas lagi orang tua ke anak dan sebaliknya), tetapi juga disisipkan nilai-nilai tentang hidup, takdir, keserakahan, pengorbanan, dan pengampunan.

Setelah Yu Ri dihidupkan kembali, penonton dibawa berkutat dengan permasalahan Seo Woo dan Yuri. Penonton menjadi hanya fokus pada urusan Yu Ri dan keluarga kecilnya. Dari menghentikan Seo Woo yang bisa melihat arwah, membuat trauma Gang Hwa hilang, dan meyakinkan Min Jung bahwa ia tentu saja merupakan sosok ibu bagi Seo Woo.

Termasuk pula dilema Yu Ri untuk merebut posisi Min Jung, kalau gagal dia harus mengucapkan selamat tinggal sekali lagi.

Bagi saya, judul Hi Bye Mama ini kiranya diperuntukkan bagi kisah pasangan ibu-anak yakni Yu Ri dan Ibunya, Jeon Eun Sook (Kim Mi Kyung). Mereka terpisahkan oleh maut. Secara mendadak kehilangan sosok anak telah membuat Eun Sook sangat terpukul. Ia berdoa setiap hari meminta kesempatan kepada para dewa agar dipertemukan kembali dengan anaknya, cukup sekali saja. Dan benar, keinginannya terkabul. Tetapi Eun Sook mesti siap menerima “Hi” dan “Bye” sekaligus dari anaknya itu.

Kenapa bukan Seo Woo dan Yu Ri?

Menurut hemat saya, karena Seo Woo tidak benar-benar pernah merasa terpisah dengan Yu Ri sebelumnya. Kembali hidup dan pertemuan Seo Woo dan Yu Ri sebagai manusia bukan hal spesial bagi Seo Woo. Ia sudah melihat Yu Ri sejak lama. Ditambah lagi Yu Ri awalnya hanya dianggap sebagai seorang tante yang cantik bukan sebagai ibunya.

Drama ini menyuguhkan banyak adegan kekeluargaan, penyesalan orang mati, dan tangis mereka yang ditinggalkan.

Drama berjalan lambat dan cukup berbelit di kisah utamanya. Terasa membingungkan bagaimana klimaksnya memuncak dan melandai begitu saja.

Entah mengapa bagian akhir drama juga terasa seperti melompat, tidak mulus, malah menimbulkan tanya. (Spoiler 😈) Tidak ada penjelasan mengenai bagaimana situasi di dunia manusia setelah Yu Ri pergi bereinkarnasi. Apakah mereka terus mengingat Yu Ri? Apakah Seo Woo bisa mengunjungi kakek-neneknya lagi? Bagaimana Min Jung bisa luluh dan memaafkan Gang Hwa?

Secara keseluruhan saya suka drama ini. Layak untuk diikuti dan dihayati nilai-nilai moralnya. Hidup digambarkan sederhana dan diperlihatkan pula fakta dari berbagai perspektif tokoh-tokohnya.

Kehadiran kisah-kisah tambahan yakni cerita pra dan pasca kematian para arwah (teman Yu Ri) menjadi salah satu daya tarik drama ini.

Misalnya cerita Pil Sung dan ibunya (keluarganya), Pan Seok dan anak gadisnya yang akan menikah, nenek Gwi Soon dan anaknya, Ibu Sung Mi Ja dan anaknya, Hye Jin dan ibunya, Sang Bong dan Ibunya, juga ada Hyuk Jin dan ibunya.

Anehnya meski drama ini memanggil air mata jatuh, namun sentuhan komedi di beberapa adegan tidak sia-sia disematkan. Hal itu sukses mengundang gelak tawa, terutama adegan yang memuat Gye Keun Sang (Oh Eui Sik).

📌catatan:
•Recommended 👍
•Tidak untuk ditonton ulang✌️
•Kasihan Gang Hwa: orang tua Gang Hwa dikisahkan tinggal jauh (CMIIW) bahkan saat Yu Ri meninggal mereka tak datang. Saat menikah lagi dengan Min Jung juga tidak diperlihatkan. To be honest, ini sedikit membingungkan juga.

Sumber gambar: AsianWiki

1 thought on “Review Drama Korea : Hi Bye, Mama !”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.